LAPORAN
BACAAN

Nama :
Dermas Takela
Nim : 3634.32
Prodi : Theologi
Mata Kuliah : PPPB I
Dosen Pengajar : Veroska Teintang, M.Pd.K
Judul
Buku : Inijl Markus
Pengarang
: William Barclay
Penerbit
: Bpk Gunung Mulia.
Jumlah
hal. : 625
-Cet.
: ke-4.
Jakarta, 2009
ISBN
:
978-979-687-177-3
Klafisikasi
: 227
Sekolah Tinggi Tehologi
“IKAT”
2014
Setelah penulis membaca buku yang berjudul “INJIL MARKUS” dari karangan William
Barclay maka penulis dapat melaporkan sebagai berikut:
Berita
Injil
Markus 1:14-15.
Dalam ringkasn berita Yesus ini, ada tiga kata dominan dan utama
dalam iman Kristen.
1. Kabar baik. Itu adalah kabar baik yang dibawa oleh Yesus kepada
Manusia. Apabila kita mencermati kata euanggelion,
“kabar baik” atau ”injil”dalam seluruh PB maka paling tidak kita bisa
melihat sesuatu mengenai isinya.
a. Kabar baik itu adalah tentang kebenaran (Gal. 2:5; Kol. 1:5).
Sebelum Yesus datang, manusia hanya bisa menerka dan meraba-raba
tentang Allah, Ayub berseru, “ah semoga aku tahu mendapatkan dia …” (Ayub 23:3)
b. Kabar baik itu adalah tentang pengharapan (Kol. 1:23).
Di dunia kuno adalah dunia
pemistis Seneca berbicara tentang “ketakberdayaan kita dalam hal-hal yang kita
butuhkan”. Dalam perjuangan meraih kebaikkan, manusia menjadi pecudang. Kedatangan
Yesus membawa pengharapan kepada hati yang tidak berpengharapan.
c. Kabar baik itu tentang damai (Ef. 6:15).
Resiko menadi manusia
adalah adanya kepribadian yang terkoyak-koyak. Dalam diri manusia ada binatang
buas dan malaikat yang berbaur secara aneh. Kedatangan Yesus adalah untuk
mengutuhkan kepribadian yang terpilah-pilah itu agar menjadi satu. Ia
memperoleh kemenangan atas peperangan dirinya sendiri dengan caranya dilakukan
oleh Yesus kristus.
d. Kabar baik itu adalah mengenai janji Allah (Ef. 3:6).
Benar kalau dikatakan bahwa manusia selalu sukaa memikirkan
tentang Allah yang mengancam dari pada Allah yang berjanji. Ssemua orang
non-kristen berpikir tentang Allah yang menuntut; hanya agama Kristen yang
memberitakan tentang Allah yang lebih siap untuk memberi di banding kita yang
siap untuk meminta.
e. Kabar baik itu mengenai keslamatan (Ef. 1:13).
Keslamatan itu bukan hanya
sesuatau yang negative. Keslamatan bukan sekedar pembebasan dari hukuman dan
terlepas dari dosa masa lalu. Keslamatan adalah kuasa untuk hidup dalam
kemenagan dan menaklukkan dosa. Sesunggguhnya adalah yesus adalah kabar baik.
2. Bertobat. Pertobatan adalah bukan Sesutu yang mudah seperti yang
kadang-kadang kita pikirkan. Kata Yunani matanoia secara harafia bermakna
perubahan batin. Makna pertobatan yang sejati adalah bahwa seorang telah
membenci dosa itu sendiri, bukan hayan dari konsekoensinya.
3. Percaya. Kata yesus percayalah kepada kabar baik. Percaya kepada
kabar baik berarti menerima Yesus dengan perkataan-Nya percaya bahwa Allah adalah
Allah seperti yang diberitakan oleh Yesus, percaya bahwa Allah begitu mengasihi
dunia sehingga Ia akan berkorban apa pun untuk membawa kita kembali kepada-Nya,
percaya bahwa apa yang terdengar begitu baik untuk menjadi benar, memang
sungguh-sungguh benar.
Cirri-ciri Injil Markus
Mari kita melihat cirri-ciri Injil Markus
supaya kita bisa mengematinya ketika saya membaca dan mempelajari kitab Injil
ini.
1. Dari kitab injil ini kita bisa menemukan informasi yang paling
dekat ke masa hidup Yesus sendiri. Tujuan Markus adalah untuk memberikan
gambaran mengenai Yesus apa adanya.
2. Markus tidak melupakan sisi ilahi dari Yesus. Ia mengawali kitab
injilnya dengan pernyataan iman, inilah permulaan Injil tentang Yesus kristus,
Anak Allah. Ia tidak membiarkan kita ragu tentang apa yang dipercayanya
mengenai Yesus.
3. Bersamaan dengan itu, tak ada kitab injli lain yang meberikan
gambaran tetang Yesus sebagai sosok sangat manusiawi sseprti diberikan Injil
Markus.
4. Salah satu Injil Markus adalah bahwa berulang-uang ia memasukan
perincian yang hidup kedalam narasi yang menjadi tanda bahwa ia adalah orang
saksi mata.
5. Realism dan kesederhanaan Markus terlihat dari gaya bahasa Yunaninya.
·
Gaya bahasa tidak dipoles dengan
cermat.
·
Markus sangat gemar memakai
kata-kata “sudah itu” dan “segera”.
·
Markus sangat gemar mempergunakan
“waktu kini”.
·
Ia sering memakai kata-kata Aram
yang memang dipergunakan oleh Yesus.
Pembawa Berita Raja
Markus 1:5-8
Jelas bahwa
pelayanan Yohanes amat berdaya guna sebab banyak orang datang
berbondong-bondong untuk mendengarkannya dan menyerahkan diri untuk dibaptis.
Mengapa Yohanes begitu berpengaruh terhadap kaum sebangsanya?
1. Ia adalah orang yang mewujudnyatakan beritanya didalam
kehidupannya. Bukan hanya kata-katanya, tetapi keseluruhan hidupnya menjadi
suatu protes. Ada tiga hal mengenai dia yang merupakan tanda nyata bahwa ia
memprotes kehidupan pada masa itu .
a. Tempat tinggalnya adalah di Padang gurun.
b. Pakaian yang di pakai adalah jubah yang terbuat dari bulu unta dan
melingkar dipinggangnya dari kulit.
c. Makan yang dimakannya, yakna belalang dan madu hutan.
2. Berita Yohanes berhasil guna karena ia memberitahukan orang apa
yang diketahui oleh nurani mereka dan membawa kepada mereka apa yang
dinanti-nantikan oleh jiwa mereka.
a. Orang yahudi memiliki ungkapan,”jika Israel menaati hukum Allah
secara sempurna satu saja,kerajaan Allah akan datang.”
b. Umat Israel sadar sekali bahwa selama tiga ratus tahun suara Nabi
tidak terdengar lagi.
3. Beritanya berhasil guna karena ia benar-benar rendah hati.
4. Beritanya berhasil guna sebab ia menunjuk pada sesuatu dan
seseorang di luar dirinya sendiri.
Yesus memilih para
sahabatnya
Markus
1:16-20
Tidak lama setelah Yesus mengambil keputusan
dan menentukan metode apa yang digunakan, IA segra membentuk stafnya. Di
Galilea ada banyak sekali nelayan yosepus
yang pada suatu masa menjadi gubernur Galilea dan merupan sarajawan
besar mengenai bangsa yahudi, menuturkan bahwa pada masanya ada 330 perahu
nelayan yang berlayar didanau ini. Orang-orang biasa di palestina jarang makan
daging.
Para nelayan menggunakan du jenis
jala. Keduanya disebut dalam kitab-kitab injil . menggunakan jala yang disebut:
sagene ini adalah jenis pukat. Pukat ini memanjang dari ujung perahu dan diberi
pemberian serupa sehingga bisa tegak lurus dalam air. Perahu lalu bergerak
maju,dan selagi perahu bergerak maju,keempat sudut jala itu menyatu, sehingga
jala itu menjadi seperti tas besar bergerak di air dan menghimpun ikan.
Tentu saja sangat menarik untuk
mempelajari orang-orang yang dipilih Yesus untuk menjadi pengikut-pengikut yang
pertama.
1. Kita
harus memperhatikan siapa mereka itu. Mereka adalah rakyat sederhana. Mereka
bukan orang yang berpendidikan tinggi. Mereka bukan rohaniawan atau bangsawan.
Mereka adalah nelayan. Dengan kata lain, mereka adalah orang biasa tidak ada
seorang pun yang pernah menaruh percaya kepada orang biasa seperti yang
dilakukan oleh Yesus.
2. Kita
harus memperhatikan apa yang mereka sedang kerjakan ketika Yesus memanggil
mereka.mereka sedang mengerjakan pekerjaan mereka sehari-hari, yakni menangkap
ikan dan menambal jala.
3. Kita
harus memperhatikan bagaimana ia memanggil mereka. Ajakan Yesus adalah, ikutlah
Aku.tidak bisa dianggap bahwa pada hari itu Ia berada di hadapan mereka untuk
yang pertama kali. Orang-orang ini pasti sudah pernah bersama-bersama dengan
orang banyak dan mendengar Yesus mengajar.
4. Akhirnya,kita
harus memperhatikan, apa yang ditawarkan Yeus kepada mereka.Yesus menawarkan
tugas kepada mereka. Yesus memanggil mereka bukan untuk bersenang-senang
melainkan untuk melalayni.
Yesus memulai
pelyanannya
Markus
1:21-22
Alur
cerita markus megalir loggis dan alami. Dengan tampilnya Yohanes, Yesus menyadari
bahwa panggilan Allah di mulai. Ia di baptis dan menerima materi persetujuan
Allah. Allah memperlengkapi-Nya untuk tugas tersebut. Ia di cobia iblis dan Ia
memilih metode yang akan digunakann nya dan jalan yang akan ditempuh-Nya. Ia
memilih penyikut-Nya agar Ia bisa mempunyai suatu lingkungan keluarga rohani
yang kecil dan dan akan Ia dapat menyampaikan berita melalui mereka.
Ada
perbedaan-perbedaan mendasar antara rumah ibadah dan gereja sebagaimana kita
keenal sekarang.
1. Rumah
ibadah terutama adalah suatu lembaga pengajaran.
2. Rumah
ibadah menyediakan kesempatan untuk menyampaikan berita seperti itu. Rumah
ibadh mempunyai petugas-petugasnya. Ada pengrus rumah ibadah.
Untuk mempelajari dan mengembangkan taurat
ini, lahirlah kelompok ahli. Mereka disebut ahli-ahli taurat, pakar-pakar
ddalam hukum taurat. Gelar untuk yang terhebat dari mereka adalah rabi.
Ahli-ahli taurat mempunyai tiga tugas.
1. Dari
prinsi-prisip moral utama Taurat, mereka sendiri menyusun peraturan-peraturan
dan ketentua-ketentuan untuk setiap situasi kehidupan.
2. Ahli
taurat bertugas meneruskan dan mengajarkan taurat inibeserta
pengembangan-penggembangannya. Peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan
hasil pengembangan ini tidak tidak perna ditulis. Semuanya dikenal sebagai
hukum lisan.
3. Ahli-ahli
Taurat berkewajiban mengadili kasus-kasus yang terjadi. Pada prakteknya, setiap
kasus melahirkan hukum baru.
Kemenangan pertama
atas kuas-kuas jahat
Markus1:23-28
Kalau
perkataan Yesus telah membuat takjub orang-orang di dalam rumah ibadh, maka
perbuatan-Nya telah membuat mereka termangu-mangu. Didalam rumah ibadah ada
orang yang kerasukan roh jahat. Ia menggangu situasi, lalu Yesus
menyembuhkanya.
Orang-orang
Yahudi meguraikan cerita tersebut sebagai berikut. Ada dua malaikat yang
meninggalkan Allah dan turun ke bumi karena mereka tertarik pada keindahan
wanita-wanita fana. Nama mereka adalah Assael dan Syemakhasai.salah satu
kembali kepada Allah. Yang lainnyya tetap tinggal dibumi dan memuaskan
nafsunya. Roh-roh jhat adalah anak-anak yang ia lahirkan dan keturunan mereka.
Menurut
kepecayaan orang yahudi roh-roh jahhat bisa makan dan minum serta melahirkan
anak-anak. Jumlh mereka sangat banyak. Menurut beberapa orang, jumlah mereka
adalah tujuh setengah juta banyaknya (Matius 18:10).
Mujizat tanpa penonton
Markus
1:29-31
Dalam
rumah ibadah Yesus telah berbicara dan bertindak dengan cara yang amat
menakjubkan. Pelayanan dirumah telah berakhir dan Yesus telah pergi kerumah
pertus bersama dengan teman-teman-Nya. Menurut kebiasaan yahudi, acara makan
sabat utama berlangsung segra telah pelayanan dirumah ibadat usia, yakni pada
jam 12 siang (perhitungan hari bagi orang Yahudi di mulai pukul 6 pagi dan
perhitunga jam juga di hitung setelah itu). Mungkin Yesus sudah minta
kesemptaka untuk beristirahat setelah menjalini dan mengalami banyak hal dalam
pelayanan rumah ibadah.
1. Mujizat
bercerita tentang yesus
Ia tidak butuh penonton
untuk menyatakan kuasa-Nya. Ia siap unntuk mengadakan penyembuhan dalam suatu
lingkungan yang amat terbatas sama seperti Ia siap melakukannya di depan banyak
orang dalam rumah ibadah. Ia tak perna terlalu lelah untuk memberikan
pertolongan.
2. Mujizat
iitu bercerita tentang murid-murid.
Mereka belum lama mengenal
Yesus, tetapi mereka sudah mulai membawa semua kesulitan mereka kepada-Nya. Ibu
mertua Petrus sakit. Rumah yang sederhana itu jadi repot. Wajarlah kalau para
murid memberitahukan keadaan ini kepada Yesus.
3. Mujizat
itu bercerita tentang Ibu mertua Yesus.
Tak lama setelah
disembuhkan, ia langsung melayani mereka. Ia mempergunkan kesehatannya yang
sudah pulih itu untuk memperbaharui pelayanan. Satu keluarga Skotlandiaterkenal
mempunyai moto, “diselamatkan untuk melayani”. Yesus menolong kita supaya kita
patut menolong orang lain.
Saksi bagi kristus
Markus
5:18-20
Hal
menarik mengenai bagian ini adalah bahwa disana diceritakan bahwa peristiwa ini
terjadi di dekapolis secara harafia, Dekapolis berarti sepuluh kota, didekat
sungai Yordan dan di sebalah timur ada supuluh kota yang mempunyai ciri yang
agak khusus. Pada hakekatya kota-kota tersebut termasuk dalam wilyah Yunani.
Kota-kota Yunani yang kemudian
dibangun terletak didaerah yang agak aneh. Kota-kota tersebut ada di Samaria, tetapi status mereka agak
merdeka. Mereka mempunyai dewan sendiri dan mencetak uang sendiri.
Pasti ada alasan yang tepat mengapa
Yesus menyuruh roh itu pulang kekotanya.
1. Supaya
ia menjadi saksi atas kekristenan. Ia menjadi pernyataan yang hidup, berjalan,
jelas dan tak dapat di bantah lagi mengenai apa yang kristus lakukan bagi
manusia. Kemuliaan kita tidak harus berada dalam apa yang kita dapat lakukan
untuk kristus, tetapi dalm apa yang
dapta kristus lakukan untuk kita. Bukti yang tak dapat di bantah mengenai
kekristenan adalah manusia yang diciptakan kembali.
2. Supaya
ia menjadi benih pertama yang akan menjadi panen besar pada waktunya. Kontak
pertama dengan peradaban Yunani terjadi di Dekapolis. Segala sesuatu harus
berawal dari suatu tempat dan kemuliaan kekristenan yang pada suatu hari kelak
akan berbunga dalam pikiran dan kejeniusan Yunani berawal dari seorang yang
kerasukan roh-roh jahat telah disembuhkan oleh Yesus.
KESIMPULAN
Dari hasil laporan
ini maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kitab injil markus adalah injil
yang secara singkat menceritakan kehidupan Yesus dan pelayanannya,berbeda
dengan kitab injil lain seperti kitab injil matius dan injil Lukas.maka injil
markus ini dinamakan injil sinoptik,namun didalamnya ada beberapa hal yang
harus kita pahami mengenai mujizat yang dilakukan oleh Yesus dalam
pelayanannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar